4 Juli 2011

Papan Billboard Bertenaga Jeruk

Senin, 4 Juli 2011 - Masih ingat pelajaran sekolah tentang bagaimana mengubah energi kimia menjadi listrik? Perusahaan periklanan DDB mengambil prinsip tersebut untuk produk Tropicana Perancis. Eksekusi ide tersebut akhirnya menjadi sebuah papan iklan bertenaga jeruk.

Prinsipnya terletak pada reaksi memanfaatkan sifat alamiah asam yang dimiliki jeruk. Asam bereaksi dengan elektroda seng dan tembaga. Oksigen dilewatkan pada satu sisi elektroda, sedangkan hidrogen dilewatkan pada sisi elektroda lain sehingga menghasilkan listrik.

Uji coba pun dilakukan semala 3 bulan agar mendapatkan hasil terbaik dan menarik. Hingga akhirnya menyalalah tulisan "
Energie Naturelle" (energi alam) terbuat dari LED dan sebuah logo Tropicana.

Sepertinya, pembuat iklan mencoba mengajak setiap orang yang melihat berbicara tentang jeruk di ruang isu saat ini, yaitu produk ramah lingkungan. Dan berbicara tentang jeruk berarti juga produk tersebut, Tropicana. Sungguh suatu ide langka, kreatif dan patut diapresiasi.

Sayang sekali tidak dijelaskan berapa banyak jeruk yang dibutuhkan untuk menyalakan papan tersebut dan berapa persen efesiensi energinya. Saya kira ide tersebut lebih condong untuk kepentingan publikasi semata dan bukan solusi untuk energi ramah lingkungan. Karena untuk menghasilkan satu buah jeruk pun dibutuhkan energi yang mungkin lebih besar. Kecuali jika jeruk-jeruk tersebut adalah limbah yang tidak mungkin diolah lagi menjadi minuman. (envirogadget.com/coolest-gadgets.com)

View the video at Youtube: http://www.youtube.com/watch?v=4hCBdtU3vvY&feature=player_detailpage

Tidak ada komentar:

Posting Komentar